Oleh: m2b2008 | 27 Juni 2009

Final Test

1. Based on its level, company could be categorized as domestic, international, multinational, or global/transnational. In your opinion, is there any national company in Indonesia that is categorized as global/transnational company? If your answer is yes, in what way? please mention the name. If your answer is no, give some explanations.

2. Make a simple marketing strategy plan for a global company, starting from analysis of segmentation, targeting, and positioning, follow by its marketing mix strategy. Be sure you mentioned the company’s name and its core business. Please write the home country and two host countries, to differentiate its marketing strategy (Each host countries has different marketing strategy. Use table/chart/graph if it’s possible).

All students should submit the answers no late than Saturday, 27 June 2009, 11.59 pm (23:59).

Answers should not exceed 350 words.

All late responses/replies/answers will not be tolerate.

Good Luck!

About these ads

Responses

  1. Jawaban (Ihwan Setiadi 0808133):
    1) Ya ada perusahaan Indonesia yang global, seperti PT. SOSRO.
    SEJARAH SOSRO
    1. Slawi
    Merek SOSRO yang sudah dikenal di masyarakat, sebenarnya merupakan
    singkatan dari nama keluarga yaitu Sosrodjojo yang mulai merintis usaha Teh Wangi
    Melati pada tahun 1940 di sebuah kota kecil di Jawa Tengah bernama Slawi. Teh Wangi
    Melati yang diperkenalkan pertama kali itu bermerek Cap Botol
    2. Ekspansi Bisnis
    Pada tahun 1965, Teh Wangi Melati merek Cap Botol yang sudah terkenal
    didaerah Jawa mulai diperkenalkan di Jakarta. Pada waktu itu, teknik mempromosikan
    Teh Wangi Melati merek Cap Botol di Jakarta dinamakan strategi Promosi Cicip Rasa
    dimana secara rutin beberapa staf yang dikoordinir oleh Bapak Soetjipto Sosrodjojo
    mendatangi tempat-tempat keramaian dengan menggunakan mobil dan alat-alat
    propaganda seperti memutar lagu-lagu untuk menarik perhatian dan mengumpulkan
    penonton. Setelah berhasil mengumpulkan penonton cukup banyak, penonton yang ada
    tersebut dibagikan secara cuma-cuma contoh Teh Wangi Melati merek Cap Botol (Sekarang disebut teknik Sampling).
    2) Strategi Sosro di Indonesia
    Usaha yg hrs dilakukan teh botol sosro dlm mencari pelanggan adalah dgn cara melakukan promosi dan periklanan kpd masyarakat, dapat jg dilakukan dgn cara melakukan cicip rasa. Dan jg dpt membagikan brosur / produk-produk promosi teh botol sosroseperti kalender, nota, buku, cover ban, mug agar masyarakat dpt mengetahui kwalitas dan keunggulan produk yg dikonsumsinya. Dengan Iklan “Apapun Makananya Minumnya Teh Botol Sosro”, telah merebut hati masyarakat bahkan di restoran-restoran cepat saji seperti MC Donal, KFC dll
    yang dulu selalu memaket makanan mereka dengan Coca Cola, tapi saat ini karena
    permintaan dari konsumen yang semakin banyak untuk meminta minumannya Teh Botol,
    maka untuk tidak mengecewakan pelanggan Akhirnya mereka memasukan Teh Botol
    Sosro kedalam daftar minuman yang dapat dipesan.Selain itu pihak sosro untuk tetap menjaga pelanggan adalah dgn meningkatkan kwalitas dan mutu produk teh botol sosro, sehingga pelanggan tetap setia untuk tdk beralih ke perusahaan minuman yg lainnya.
    Strategi sosro ketika berekspansi ke luar negeri dengan memakai Enterprise Resource Planning (ERP), ERP ini solusi aplikasi yg mampu mengintegrasikan berbagai divisi atau unit didalam perusahaan berdasarkan proses bisnis yg dikehendaki seperti terciptanya optimalisasi dlm hal biaya, informasi, tenaga kerja, produk jadi dll. Sosro dlm aplikasi ERP dpt mendatangkan keunggulan kompetitif bagi perusahaan, dgn ERP perusahaan dituntut kemauan dan upaya sungguh-sungguh dari jajaran manajemen dan karyawan dlm menyiapkan sikap dan perubahan budaya kerja. Ambil contoh solusi ERP untuk mengintegrasikan lini produksi, pemasaran dan akuntansi pada PT.Sinar Sosro yg memproduksi teh botol sosro menerapkan sistem informasi perushaan terpadu berbasis teknologi informasi, hasilnya pengambilan keputusan menjadi lebih cepat karena ditunjang data, mulai dri permintaan pasar, persediaan brg hingga produksi yg mutakhir dan akurat, kinerja produksi dan penjualannya melejit sementara niaya bisa ditekan. Rencana pun dibuat dgn matang dlm pemanfaatan ERP di sosro disiapkan sejak thn 1999 dan mulai diterapkan thn 2000, targetny thn 2005 bagian produksi dan distribusi sudah on-line. sistem ERP yg dibangun manajemen sosro inimemungkinkan kases data dari kantor cabang luar negeri. Proses konsolidasi antar pabrik dan antar unit distribusi pun bisa dijalanklan secara efisien.
    Distribusi Teh Botol Sosro & Fruit Tea Sosro untuk wilayah Internasional: Brunei Darussalam KINGSTON BEVERAGE &CREAMERY SDN BHD
    Lot No. 3-6, Beribi Industrial Complex
    Jalan Gadong BE 1118
    Negara Brunei Darussalam
    Vietnam Ben Thanh Inc. (Sunimex) 71-79 Dong Khoist.,
    1st Dist. Hochiminh CityVietnam
    848-8296646 848-8222941
    Australia Perth, Western Australia 6000
    618-9-3258083 618-9-2215551

  2. 1. global company in Indonesia
    I think Indonesian global company has not exist. But now many companies in Indonesia which towards to global company, this thing is proved with many companies doing to access global market with variously way like through export, license, contract manufacturing, etc.
    So basically company in Indonesia has just only step to his global market share is just has not to becoming global company. the example is just like Telkom with contract manufacturing, djarum super with export, sosro with license.

    2. Simple marketing plan strategy.
    Coca cola company, is beverage company from Atlanta, USA. Coca cola company is a global company which having a lot company in 200 states, one of them is Indonesia.
    This company segmentation does on the basis demographic and based on age where the main target is young age. this company present with positioning which is different in every country like in Indonesia “hidup ala coca cola”, however which this is different positioning but basically have a similar mean with global positioning coca cola “the coke side of life”.
    Product, Coca cola applies different strategy for every country, where every product created following consumer appetite by comprehending the requirement and consumer behavior in that country, takes example in Indonesia, coca-cola present with sweeter taste, and does innovation product like frestea and sunfil, then in japan, and korea coca-cola present with innovation of ginseng health beverage product.
    Price, the price in every coca-cola product is highly varied, takes example in Indonesia with in Philippine the price of course different, fixation at each country based on height the low of percapita income a country and also his product demand frequency.
    Promotion, Coca-cola executes global strategy promotion by exploiting event international or national scale, of course this thing will differ in between one country with other country. Activity of promotion is performed according to event is being runs, either through music concert, exhibition, promo, surprise present, and other.
    Place, Coca-cola places his company at one particular country felt potential market, thus in this case shelf distribution path of product also will not find difficulties meaning.

  3. 1. ada, perusahan indomie mie goreng
    2. profil
    mpany Profile: PT Indofood Sukses Makmur Terbuka
    Ticker: INDF
    Exchanges: JAK
    2008 Sales: 38,799,000,000,000
    Major Industry: Food & Beverages
    Sub Industry: Diversified Food
    Country: INDONESIA
    Employees: 64200

    PT Indofood Sukses Makmur Terbuka – Sales Analysis Snapshot

    Business Description
    This Report provides a comprehensive Sales & Margin summary analysis for PT Indofood Sukses Makmur Terbuka Tabular results include up to a ten-year history on Sales, EBITDA (Earnings before Interest, Taxes, Depreciation and Amortization), Income before Extraordinary Items and number of Employees. Additional ratios are included for sales growth, earnings and income as a percent of sales and Sales per Employee.

    PT Indofood Sukses Makmur Terbuka. The Group’s principal activities are manufacturing, packaging and distributing noodles, flour, cooking oils and margarine, food seasonings, snack foods, as well as nutrition and special food. The products are marketed under various brand including Supermi, Sarimi, Sakura, Bimoli, Sunrise, Palmia, Simas, Chiki, Chitato, Canasta, Dueto, Jet-Z, Promina, Sun and Piring Lombok. Products are distributed through subsidiaries, independent distributors as well as cooperatives. The Group operates in Indonesia.

    nyaris tiada satupun penduduk Indonesia yang mengenal merkini, indomie. indomie merupakan merk mie instan terpopuler di Indonesia bahkan merk ini telah menjadi sebutan tersendiri bagi mi instan. Meskipun merujuk pada mi instan lainnya, orang sering menyebutnya indomie
    kontribusi penjualan indomie terhadap pendapatan indofood merupakan yang terbesar yakni 28%. Selain populer di Indonesia juga menembus pasar luar yakni Asia, Australia, AS, Eropa hingga Afrika, bahkan di nigeria yang merupakan negara pasar terbesar mi instan ke-13 didunia indomie merupakan makanan pokok dan dianggap dari nigeria sendiri
    Indofood memasarkan indomie dengan cara lisensi. seperti kepada pinehill Arabia food limited(Arab saudi), de united food industries limited (nigeria)

    2. strategi marketing indomie saat ini melakukan lomba jinggle indomie bahkan dipakai oleh presiden SBY untuk promosi political marketingnya
    PT Indofood sukses makmur bekerjasama dengan perusahaan swiss nestle S.A telah mencapai kesepakatan untuk mendirikan perusahaan join venture yang begerak dibidang manufaktur, penjualan pemasaran dan distribusi produk kuliner di Indonesia maupun untuk ekspor. Keduanya memiliki saham 50% dengan nama PT Nestle Indofood Citarasa Indonesia

  4. ARCIANA DAMAYANTI (0808688)

    1. Ada salah satu Perusahaan di Indonesia yang sudah mengglobal, yaitu sebuah pabrik bola di majalengka PT. SSS yaitu singkatan dari Sinjaraga Santika Sport. Megapa demikian, Karena produksi pabrik bola tersebut sudah di eksport ke beberapa negara di dunia. Triple S merupakan perusahaan pengrajin bola sepak yang berasal dari Majalengka Jawa Barat. Kurang lebih terdapat 500 pengrajin bola sepak yang tergabung di dalamnya.
    Pihak manajemen PT SSS sejak tahun 1994 lebih memilih memasarkan produknya ke berbagai negara lain, terutama negara yang maju dalam persepakbolaan termasuk Australia dan Kanada. Bahkan di Brasil, negara yang prestasi sepakbolanya sudah mendunia, juga menggunakan bola kaki produksi PT SSS yang diganti mereknya dengan Penalty.
    Hingga kini perusahaan ini menjadi yang terbesar dalam produksi bola sepak di Indonesia khususnya untuk jenis bola sepak jahit, mengingat banyak produsen bola sepak dalam negeri yang memproduksi jenis bola non-jahit atau memakai lem.
    Pakistan menjadi pesaing terkuat dengan produksi 150.000 bola sehari, sedangkan PT SSS hanya 100.000 bola per bulan. Kabar terbaru engatakan bahwa Pemerintah Afrika Selatan (Afsel) tertarik menggunakan bola produksi Majalengka pada Piala Dunia 2010.

    2. Simple marketing strategy plan of NIKE

    Headquarters : Beaverton, Oregon, Amerika Serikat

    industri : Perlengkapan Olahraga

    Produk : Sepatu atlet, Pakaian, Perlengkapan olahraga, dan Aksesoris

    Konsep STP:
    a. segmenting: Nike secara berurutan mensegmentasikan pasar sasaran mereka melalui Sosioeconomic, Behaviour-based Segmentation serta Lifestyles segmentation, dimana pada awalnya Nike melakukan screening negara tujuan berdasarkan basis sosioekonomi mereka, baru kemudian melihat kebiasaan masyarakat setempat (termasuk diantaranya kebiasaan belanja) serta gaya hidup warga negara tersebut.

    b. Positioning : Nike secara berurutan mengsegmentasikan pasar sasaran mereka melalui Sosioeconomic, Behaviour-based Segmentation serta Lifestyles segmentation, dimana pada awalnya Nike melakukan screening negara tujuan berdasarkan basis sosioekonomi mereka, baru kemudian melihat kebiasaan masyarakat setempat (termasuk diantaranya kebiasaan belanja) serta gaya hidup warga negara tersebut.

    c. Targeting: Sesuai dengan pernyataan pendiri dari Nike, Bill Bowerman bahwa “jika Anda memiliki tubuh, Anda adalah seorang atlet”, oleh karena itu Nike menargetkan produknya bagi semua kalangan.

    Marketing Mix Strategy (contoh pada produk NIKE Golf)
    a. Place: Lokasi penjualan untuk Nike Golf biasanya dikota-kota besar suatu negara dan dijual di toko khusus perlengkapan golf yang bertempat di lokasi-lokasi strategis seperti mall – mall besar, airport atau took sekitar lapangan golf.

    b. Price: Harga yang dikenakan untuk produk ini berada pada level premium price

    c. Produk: Produk yang dikeluarkan untuk kategori ini berupa sepatu golf, sarung tangan dan kaos berkerah khusus olah raga golf.

    d. Promotion: Alat promosi yang digunakan biasanya berupa iklan di surat kabar khusus atau majalah khusus olahraga golf.

  5. 1. Before we answer those questions, perhaps we should know the definition of Global Company. Levitt (Kotabe & Helsen, 2008:17) argues,

    The global corporation operates with resolute constancy – at low relative cost – as if the entire world (or major regions of it) were a single entity; it sells the same things in the same way everywhere.

    We can say, that those company whose launch their products internationally, doesn’t automatically called as global company, because they are also should treat the market as a single entity or in another way, as a single or few global segment.

    Global marketing doesn’t necessarily mean that 4P’s are standardized worldwide, but that company is proactively willing to adopt a global perspective instead of country-by-country or region-by-region perspective in developing a marketing strategy. (Kotabe & Helsen, 2008:17)

    According to the definition which mention above, we can categorized the Indonesian companies which already launch their product internationally. I pick one Indonesian large company:

    Djarum Tbk. Between any other Indonesian companies, this company perhaps is the closest company which can be called the ‘global company’ than the other. Djarum In brief is an Indonesian company which has been exporting its products to market around the world, include Australia, Belgium, Canada, Eastern Europe, Japan and the far East, Middle East, Netherland, Russia, Saudi Arabia, Southeast Asia and the United States. They become a key market player in USA with 70% of the kretek market, and achieve great success in Malaysia with LA Lights Menthol kretek, where the brand is associated with a youthful and trendy lifestyle. But, even this company – in my opinion – is not a global company. I considered it because this company is not treating their target market as a single entity. Djarum has a different product for their target market. For the example, Djarum launch Djarum Bali Hai & Djarum Spice Islands for USA Market, which perhaps none of us ever saw this product. That’s means they treated their target market with country-by-country strategy.

    My conclusion, they are no Indonesian companies which can categorized as Global Company. (Not yet at least)

    Sumber : Global Marketing (Kotabe & Helsen), http://www.djarum.com/en/,
    No. 1 Answer — — 349 words (lol, lol)

  6. 2. Company : Facebook
    Core Business : Social Network Site
    Home Country : USA
    Host Country : Indonesia & Turkey.
    Global Segmenting & Targeting : Young & Independen
    Age : 14-17 : 410,060 (12.9%)
    18-24 : 1,322,680 (41.6%)
    35-44 : 334,920 (10.5%)

    Picture 1 : Facebook User Graph
    a. Indonesia
    Positioning : User Friendly Social Network
    Strategy in brief : Indonesia is 7th largest facebook user in the world. Because of the nature of Indonesian teenager (youth), they usually doesn’t use the internet for doing business or work, and they’re not too adaptive to the new technology. For this kind of target market, the strategy is
    KISS (Keep It Simple System). Their motivation is to meet their old friends, or making a new one, without being stress by complicated application.

    4 P’s
    Products: focus on developing ‘friend or relatives options’ such as ‘friend applications’ or ‘relatives application’ and developing game application which may connect facebook user with their friends. With this application, facebook user, will be able to explore their relationship with their friends or relatives.
    Promotions : Word of Mouths, add your friends applications
    Place : Facebook site
    Price : Free

    Picture 2 : Rank. of the fastest growing country
    Picture 3 : Turkey Chart
    b. Turkey
    Positioning : Simply Communicating Tools
    Strategy in brief : Turkey, as we can see in chart, although there are in 7th rank of the fastest growing facebook users, but they are the most highest new facebook users, with 556,220 new users over past week. With assumption this number will be stable for the next 3 months, Turkey will be a realistic target market to chase. Nowadays, there are more Twitter user than Facebook. Turk prefer the simpler communicating tools, than the ‘useless’ communication tools such as “Give Smile Application on Facebook”. The company target, for Turkey market, are to facilitate their need.

    4 P’s :
    Product : Imitate and modify the ‘Twitter’ Application, include developing ‘I follow you’ application. With this strategy, the target is, the twitter user will convert to facebook.
    Promotions : Word of Mouths, “twitter application” for facebook.
    Place : Facebook site
    Price : Free

    No. 2 Answer — — 336 words (lol, lol)

  7. 1. Perusahaan Global di Indonesia.
    Tidak sedikit perusahaan yang beroperasi di Indonesia punya penetrasi sangat signifikan di pasar global. Mereka ada yang masuk 10 besar dunia, 5 besar dunia, bahkan beberapa masuk top three. Sejauh ini sebagian kalangan, termasuk di pemerintahan masih banyak yang skeptis terhadap kemampuan pemain Indonesia menggarap pasar global. Tak sedikit yang berpendapat bahwa produk Indonesia yang berjaya di luar negeri hanya produk-produk yang “tinggal memetik” dari alam, tanpa pengolahan dan penambahan nilai secara berarti. Namun, pendapat seperti itu tidak sepenuhnya benar. Sebab, meskipun mengandalkan produk alam, tetap saja butuh pemrosesan lebih lanjut agar punya nilai kompetitif. Apalagi, banyak produk Indonesia nonresource-based yang juga bisa sukses.
    Sebagai sontoh, di bisnis makanan olahan muncul pemain kelas dunia dari Indonesia yaitu Grup Ceres dari Bandung. Ceres mendominasi bisnis cokelat olahan dunia, menjadi pemain terbesar ketiga, hanya kalah dari M&M dan Hershey. Ceres mengibarkan merek Silverqueen dan Delfi. Delfi awalnya merupakan merek asal Swiss yang diakuisisi pada 1987. Di bisnis cokelat branded, Ceres bahkan telah mengalahkan pemain top dunia seperti Nestle, Cadbury, Grup Mars dan Arnotts.

    2. Simple marketing plan strategy of NOKIA
    Nokia Corporation merupakan produsen peralatan telekomunikasi terbesar di dunia serta merupakan perusahaan terbesar di Finlandia. Kantor pusatnya berada di kota Espoo, Finlandia, dan perusahaan ini paling dikenal lewat produk-produk telepon genggamnya. Nokia memproduksi telepon genggam untuk seluruh pasar dan protokol utama, termasuk GSM, CDMA, and W-CDMA (UMTS).
    Pada perkembangannya ternyata Nokia banyak menarik perhatian masyarakat, dan saat ini Nokia masih mendominasi pasar global. Hal tersebut dibuktikan dengan masih terlalu kuatnya ponsel nokia untuk digeser oleh vendor ponsel lain. Perusahaan asal Finlandia tersebut bahkan meninggalkan para pesaingnya dalam hal perolehan keuntungan dan pangsa pasar.

    Segmenting
    Nokia memilih startegi Differentiated Global Marketing. Dalam strategi ini, perusahaan Nokia menargetkan 2 atau lebih segmen pasar yang berbeda dan melayani konsumen dengan bauran pemasaran yang berbeda pula. Strategi ini memungkinkan perusahaan untuk mencapai Market Coverage yang lebih luas.

    Targeting
    Menghadapi persaingan global, Nokia harus memilih strategi pemasaran global yang sesuai dengan target pasar dengan mengevaluasi daya tarik tiap-tiap segmen, memilih satu atau lebih segmen yang akan dimasuki.

    Positioning
    Pendekatan dalam posisioning global Nokia dilakukan dengan dua cara :
    >> High Tech Positioning, Produk yang ditawarkan berdasarkan fitur konkrit suatu produk karena Para pembeli biasanya membutuhkan informasi teknis
    >> High Touch Positioning, Lebih menitikberatkan kepada citra, sangat terlibat dgn konsumen, memiliki bahasa yg umum dan seperangkat simbol yg berhubungan dengan kemakmuran, materi, dan romance. Sesuai dengan positioninnya yaitu “NOKIA CONECTING PEOPLE”.

    Bauran pemasaran yang diterapkan oleh Nokia:
    a. Product. Produk Nokia menawarkan berbagai produk pada setiap segmen yang ada, misalnya seri N untuk middle up, seri E untuk professional, seri music untuk para pecinta multimedia, dan seri middle-low untuk kalangan menengah ke bawah.
    b. Place. Outlet Nokia berada di berbagai tempat yang mudah dijangkau oleh konsumen. Outlet diuat dengan desain ruangan yang senyaman mungkin. Untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggannya, Nokia memiliki jaringan pusat layanan (service center) yang terbesar di Indonesia
    c. Price. Harga yang di tawarkan Nokia disesuaikan dengan kualitas produk serta fitur-fitur yang ditawarkan.
    d. Promotion. Nokia melakukan media baik offline maupun online dalam melakukan promosi produknya. Untuk media online Nokia memasang iklan di situs resminya, serta situs-situs lain yang banyak dikunjungi. Sedangkan untuk media ofline, nokia memasang produk iklannya melalui televisi, radio, spanduk, media cetak, dll. Selain itu juga Nokia membuka stage di berbagai toko elektronik-elektronik center di berbagai kota.

  8. 1. Ada, perusahaan nasional di Indonesia yang berkategori global/transnasional, yaitu : PT AQUA Golden Mississippi
    PT AQUA Golden Mississippi didirikan pada tahun 1973 oleh Bapak Tirto Utomo, sebagai produsen pelopor air minum dalam kemasan di Indonesia. Pabrik pertama didirikan di Bekasi. Dibutuhkan waktu selama 20 tahun bagi Tirto untuk membangun perusahaan ini menjadi kelas dunia. Setelah beroperasi selama 30 tahun, kini AQUA memiliki 14 pabrik di seluruh Indonesia.
    Pada tahun 1998, AQUA (yang berada di bawah naungan PT Tirta Investama) melakukan langkah strategis untuk bergabung dengan Group DANONE, yang merupakan salah satu kelompok perusahaan air minum dalam kemasan terbesar di dunia dan ahli dalam nutrisi. Langkah ini berdampak pada peningkatan kualitas produk, market share, dan penerapan teknologi pengemasan air terkini. Di bawah bendera DANONE-AQUA, kini AQUA memiliki lebih dari 1.000.000 titik distribusi yang dapat diakses oleh pelanggannya di seluruh Indonesia.
    Diferensiasi adalah tujuan pertama Tirto. Pada cara pemasaran yang cerdas, dia menyebut produknya AQUA (bahasa latin untuk “air). Strategi pemasaran awal tidak ditujukan di Indonesia. Tirto bertujuan membentuk sebuah pasar kecil yang menyediakan air minum dan es bagi orang-orang asing di Jakarta. Sangat mengejutkan, tes pemasaran AQUA di terminal-terminal bus besar di Jakarta dan sepanjang jalan pantura Jawa mengungkapkan bahwa orang-orang Indonesia memiliki kemauan untuk membeli air kemasan botol. Berita tentang AQUA menyebar dari kota-kota besar ke desa-desa kecil di pedalaman. Tetapi harapan konsumen harus dipertimbangkan. Meskipun AQUA mengandung bahan-bahan yang sehat, itu pada dasarnya bukanlah apa-apa kecuali hanya air dalam kemasan botol. Itu bukan karbonasi atau rasa. Akan tetapi, sejak awal AQUA umumnya diebut “Air Mineral AQUA“. Orang-orang Indoneia tidak tahu apa yang diharapkan. Pada sampel promosi penjualan awalnya AQUA diberikan kepada para pengunjung bioskop. Tirto mendengar seorang perempuan tua mengatakan “Bagaimana ini bisa tidak memiliki rasa ? Ini hanya air biasa. AQUA perlu citra yang lebih baik daripada sekedar “air biasa.”
    AQUA kemudian memperluas kegiatan pemasarannya hingga ke pulau-pulau terluar Indonesia. Untuk mengurangi biaya transportasi, berbagai fasilitas produksi yang dioperasikan oleh pemberi lisensi yang memproduksi air pada spesifikasi AQUA telah dibuka baru-baru ini di Manado, Sulawesi Utara, dan Medan, Sumatra Utara. Meski demikian, hampir dua pertiga penjualan AQUA masih di seputar daerah Jakarta, dengan disuplai oleh 5 fasilitas produksi yang berlokasi di Jawa Barat yang mewakili 65% jumlah total kapasitas AQUA .
    AQUA Group sekarang adalah perusahaan air minum kemasan terbesar di wilayah Asia-Pasifik, yang menjual 300 juga liter air botol pada tahun 1992. Memulai bukanlah hal yang mudah. Pada awalnya, banyak yang menertawakan gagasan bahwa Indonesia akan membeli air minum semua, dimana satu liter air dengan harga yang sama dengan satu liter bensin. Para pengejek berkelakar bahwa menjual air kepada orang-orang Indonesia dengan iklim hutan hujan tropis seperti halnya menjual balok-balok es kepada orang-orang Eskimo. Tetapi Tirto tetap menjalankan gagasan tersebut. Sekarang koran-koran menyebut Tirto sebagai Raja Air. Pabrik-pabrik pemrosesan milik AQUA Group secara keseluruhan memiliki kapasitas produksi lebih dari 485 juta liter air per tahun, dan mengekspor AQUA ke Singapura, Malaysia, Filipina, dan Australia.
    Kontrol kualitas sangatlah penting pada AQUA perusahaan memiliki laboratorium modern untuk menguji produknya dan staf peneliti yang tinggal di dalam perusahaan, ahli mikrobiologi, dan ahli kimia. Bahkan untuk memenuhi standar air kemasan, AQUA telah diakui oleh PBB, Badan Pengawas Makanan dan Obat-obatan Amerika, Agen Perlindungan Lingkungan Amerika, dan Asosiasi Air Kemasan Internasional.
    Spray AQUA adalah produk baru yang dikembangkan dengan usaha joint venture dengan perusahaan air mineral Vittel dari Perancis. Untuk memperbanyak variasi merek produknya, AQUA membuat kesepakatan pemasaran dengan PT Unilever Indonesia, dimana AQUA akan memasarkan paket kemasan individu dari produk Lipton Ice Tea rasa lemon. AQUA baru-baru ini mengembangkan sebuah merek minuman kesehatan yang baru untuk mengambil keuntungan dari kegemaran fitness yang sedang merebak di Asia Tenggara.

    2. Rencana strategi pemasaran sederhana sebuah perusahaan global yaitu, “Starbucks Coffee”.
    Strategi Pemasaran Starbucks di masa krisis ekonomi global : ”Jurus ngopi sore-sore”
    Di San Francisco, ada saja cara yang dilakukan Starbucks corp untuk menangkis imbas krisis Subprime mortgage dan mempertahankan pangsa pasarnya. Salah satunya memancing pelanggan di pagi dan sore hari sekaligus. Setelah menyatakan akan menutup ratusan gerainya, kedai kopi ini akan menawarkan paket murah ngopi di sore hari. Strategi ini dilakukan bukan untuk mengobral produksinya, namun untuk mendongkrak angka penjualannya.
    Seperti diketahui produsen minuman kopi ini akan menutup 600 gerainya dan memangkas setidaknya 12 ribu karyawannya. Tidak hanya pada unit bisnis yang ada di Amerika Serikat saja, 61 dr 84 gerainya di negeri Kanguru alias Australia juga ditutup. Akibatnya, sekitar 700 karyawannya akan dirumahkan. Goncangan ini merupakan imbas menghentikan resesi ekonomi Negeri Paman Sam yang mengakibatkan merosotnya daya beli masyarakat. Kekacauan ekonomi ini diperparah dengan harga minyak mentah dunia yg menggila dan banyaknya pengangguran akibat perusahaan yg gulung tikar.
    Sadar akan kondisi yang tidak menguntungkan ini, manajemen Starbucks langsung melakukan berbagai promosi, salah satunya paket ngopi sore tersebut.
    ”Saat ini, kita harus melihat berbagai relevansi, para konsumen akan mencari harga pas”. ujar Vice President for Customer Relationship Manajemen Starbucks , Brad Stevens seperti dikutip Reuters, Rabu 6 Agustus 2008.
    Dalam membidik pelanggan, Starbucks cukup cerdik. Dia tidak hanya menggaet pelangan di sore hari, namun juga pelanggan di pagi hari. Caranya, Starbucks memberikan potongan harga bagi pelanggan yang menunjukkan kuitansi pembelian di pagi hari. Dengan demikian, perusahaan kopi kelas dunia ini mampu mengeruk pembelian 2 X lipat.
    Bagi pelanggan yang menunjukkan kuitansi, maka mereka hanya mengeluarkan dana sebesar USD2 per cangkir kopi. Hanya dengan mengeluarkan uang yg cukup murah di Amerika, pelanggan disuguhkan kopi jenis grande atau minuman ukuran medium. Para penggemar kopi ini bisa mulai ngopi murah pukul 14.00 waktu setempat. Stevens meyakini, Starbucks mampu mengalahkan pesaingnya yakni Mc Donalds dan Burger King.
    Strategi pemasaran yang digunakan Starbucks menggunakan segmentasi demografi dalam arti pengelompokan pasar berdasarkan variabel-variabel jenis kelamin, usia dan kelas sosial. Dimana umumnya konsumen kopi adalah kaum lelaki remaja, dewasa. Sementara itu mengingat kepopuleran dan kualitas Starbucks, para konsumennya adalah kelas sosial menengah ke atas.
    Target yang ingin dicapai oleh Starbucks sejak awal adalah mempertahankan kepercayaan konsumen terhadap produknya dalam kondisi apapun. Hal itu terbukti dalam kondisi krisis ekonomi global di Amerika pun, Starbuck tidak kehilangan pelanggan, berkat berbagai kejelian dan ketepatan penerapan berbagai strategi pemasaran seperti yang terungkap di atas.
    Strategi positioning yang dilakukan oleh Starbucks sangat sesuai dengan gagasan umum positioning yang dikemukakan olek Jack Trout dan Al Ries di awal 1970 an yang menjadi dasar yang populer dari pengembangan strategi kreatif dengan gagasan umum menempatkan posisi yang baik dalam benak konsumen. Merek yang telah terpercaya di benak konsumen menumbuhkan loyalitas konsumen terhadap produk tersebut. Hal inilah yang dilakukan oleh Starbuck dengan menyajikan kopi berkualitas dengan cita rasa tersendiri.
    Di Indonesia, lisensi Starbucks Coffe International dipegang oleh PT. Sari Coffee Indonesia (SCI) yang menghadirkan The Starbucks Experience di Bandung. Gerai Starbucks Coffee yang pertama di Bandung atau ke 24 di Indonesia ini ada di Ciwalk menyusul sukses di 4 kota lain, Jakarta, Surabaya, Bali dan Medan. Menurut General Manager SCI Anthony Cottan, Bandung berpotensi sangat besar bagi binis seperti yang dilakukan Starbucks, mengingat gaya hidup masyarakatnya khususnya kalangan eksekutif muda dan remaja tidak kalah oleh Surabaya dan Jakarta.Sama halnya dengan gerai Starbucks lainnya, gerai baru inipun menawarkan kenyamanan di dalam bagi pengujung bukan perokok dan teras luar untuk para perokok. Starbucks experience merupakan kombinasi para barista (peramu saji Starbucks) yang ramah yang menyediakan secangkir kopi nikmat dengan suasana gerai yang nyaman.

  9. Untuk Pasar Indonesia
    Startegi segmentasi: kelas ekonomi, sosial, umur, dan gaya hidup.
    Strategi targeting: dari mulai kelas ekonomi bawah, menengah, sampai atas. Dari mulai anak muda sampai orangtua. Dari mulai yang bergaya hidup rendah, sedang, dan tinggi. Pada intinya, Nokia berusaha memenuhi semua segmen.
    Strategi posisioning: Nokia berusaha memposisikan sebagai handphone ‘sejuta umat’, artinya siapapun bias pakai Nokia.
    Product: handphone berkualitas.
    Price : dari mulai low end sampai high end
    Place: tersebar di berbagai negara.
    Promotion: advertising, personnal selling, sales promotion (seperti: membeli satu paket beserta kartu dengan harga yang lebih murah).

    Untuk pasar global lainnya, Nokia membuat berbagai aproduk yang berbeda yang sesuai dengan budaya serta trend yang berkembang di negara tersebut. Di sebagian negara Erofa, handphone merupakan salah satu fashion, sehingga desainnya dibuat dengan elegan dan menambah nilai fashion bagi pemakainya. Dan di sebagian negara yang menyukai teknologi tinggi, maka Nokia dengan cepat mengeluarkan handphone dengan fiture-fiture terbaru dan canggih

  10. (maaf Bu, yang atas nggak lengkap)

    1. Pemasaran global menurut Keagen (1995) adalah proses (manusia, uang, dan asset fisik) dan tujuan-tujuan dari suatu organisasi untuk memperoleh kesempatan dan ancaman pasar global.
    Pemasaran global berbeda dari pemasaran ekspor, internasional, atau multinasional. Dalam pemasaran global perusahaan harus memisahkan apa yang bersifat global dan apa yang bersifat unik dan spesifik dari tiap negara.

    Meskipun perusahaan Indonesia tidak ada yang masuk satu pun ke dalam 500 daftar perusahaan global di dunia dan Indonesia tidak memilki perusahaan global sekelas Adidas, Coca Cola Company, atau Nokia yang memilki brand image global yang kuat, namun Indonesia tetap memilki perusahaan global.

    Kita ambil contoh profil PT Sri Rezeki Isman (Sritex) yang berlokasi di Jl. KH. Samanhudi 88 , Jetis, Sukoharjo, Solo Jawa Tengah.
    GREAT BRITAIN, SAUDI ARABIA,U.S.A, SWEDEN, BEIJING, PHILIPPINES, FRANCE , KOREA, BRUNEI, JAPAN, MAURITUS, AUSTRALIA, NIGERIA, TAIWAN, MALAYSIA, GERMANY, SHANG HAI, SINGAPORE, ITALY, HONGKONG, YUGOSLAVIA PAPUA NEW GUINEA, CYPRUS , CANADA , DUBAI, USA, PANAMA, MEXICO

    PT Sri Rezeki Isman telah memasarkan produknya ke berbagai negara, seperti:
    PT Sri Rezeki Isman merupakan perusahaan yang membuat berbagai produk tekstil, seperti benang, kain, fashion (perempuan, laki-laki, dan anak-anak), dan seragam (seragam kerja dan militer).

    Produk PT Sri Rezeki Isman pada dasarnya bersifat universal, artinya produk dasarnya dibuat massal dan sama untuk setiap negara, yang membedakan hanya ukurannya dan grade produk yang disesuaikan dengan berbagai faktor seperti iklim negara tersebut, kecenderungan trend fashion setiap negara.
    Misalkan saja: perusahaan memasarkan produk kain yang sama ke setiap negara sasaran, namun perusahaan juga membuat pakaian yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan iklim negara yang bersangkutan, perusahaan membuat ukuran-ukuran pakaian yang sesuai dengan ukuran badan orang di tiap negara yang dimasuki, dan perusahaan memasarkan corak kain yang sesuai dengan trend dan minat negara sasaran.

    Perusahaan global tidak berarti harus memasuki semua pasar dunia, namun berkonsentrasi kepada pasar sasaran sesuai dengan sumber daya yang dimilikinya. Untuk itu saya menyimpulkan bahwa PT Sri Rezeki Isman merupakan perusahaan global.

    2. Nokia. Negara asal: Finlandia
    Nokia Corporation
    Visiting address: Keilalahdentie 2-4,
    FI-02150 Espoo
    Post address:
    P.O. Box 226,
    FI-00045 Nokia Group Finland

    Untuk Pasar Indonesia
    Startegi segmentasi: kelas ekonomi, sosial, umur, dan gaya hidup.
    Strategi targeting: dari mulai kelas ekonomi bawah, menengah, sampai atas. Dari mulai anak muda sampai orangtua. Dari mulai yang bergaya hidup rendah, sedang, dan tinggi. Pada intinya, Nokia berusaha memenuhi semua segmen.
    Strategi posisioning: Nokia berusaha memposisikan sebagai handphone ‘sejuta umat’, artinya siapapun bias pakai Nokia.
    Product: handphone berkualitas.
    Price : dari mulai low end sampai high end
    Place: tersebar di berbagai negara.
    Promotion: advertising, personnal selling, sales promotion (seperti: membeli satu paket beserta kartu dengan harga yang lebih murah).

    Untuk pasar global lainnya, Nokia membuat berbagai aproduk yang berbeda yang sesuai dengan budaya serta trend yang berkembang di negara tersebut. Di sebagian negara Erofa, handphone merupakan salah satu fashion, sehingga desainnya dibuat dengan elegan dan menambah nilai fashion bagi pemakainya. Dan di sebagian negara yang menyukai teknologi tinggi, maka Nokia dengan cepat mengeluarkan handphone dengan fiture-fiture terbaru dan canggih.

  11. 1) The Global Companies definition could simply defined as multinational corporation which is business enterprise with manufacturing, sales, or service subsidiaries in one or more foreign countries.
    According to the definition above, i think there is one company which could be defined as a global company from Indonesia. The company is Medion, this company is originated in Bandung, Indonesia and company’s core business is producing Biological Products, Pharmaceutical Products, and Poultry Equipments. This Company is globally distributing the product throughout Asia and Africa.
    Why i called this company as global company not globally company, because in this core business the company not just distributing the product through exporters by third hand/company but it’s likely has to have the representative for each country and needs a sales force representative for the use and the applications of each products which is using the local people who has known best of the area’s characteristics of livestock’s and veterinary medicine that might be effected by the local climate, habits, and livestock’s feeds typical. and indeed has to have the headquarters representative. Even though, it doesn’t have the fabrics to produce the products typically for the markets country, and or to become entities, because it is might be unnecessary yet.

    Conclusion: The company defined as global company through sales and distribution to Asia and Africa.

    Sources:

    http://encyclopedia2.thefreedictionary.com/Global+company

    http://www.medionindonesia.com

  12. 1. Perusahaan Global di Indonesia.
    Kalau kita ingin membahas industri batik secara utuh, maka harus melihatnya dari mulai bahan baku sampai akhirnya kekonsumen. Pada kesempatan ini mungkin kita batasi pada masalah produksi dan pemasaran. Batik dalam pengertian yang berkembang di kita dapat dimasukkan kedalam dua katagori, yaitu kerajinan dan TPT (Tekstil dan Produk Tekstil). Tetapi kalau kita membahas TPT secara global, biasanya produk batik sudah masuk kedalamnya. TPT selalu menjadi andalan dan primadona ekspor industri kita. Busana Batik memang tak pernah tergusur trend. Selalu aktual sejak ratusan tahun lalu hingga kini. Gaya, motif dan tekniknya pun terus berkembang mengikuti jaman. Pesonanya tak pernah hilang, tapi mampukah mengangkat pamor dan peluang bisnisnya. Pesona keindahan batik Indonesia telah menarik minat banyak orang di dunia. Daya tariknya terletak pada begitu banyaknya corak dan motif sebagai cerminan keragaman kebudayaan seantero nusantara. Tak hanya warga mancanegara yang mencintai batik bahkan negara Malaysia pun ikut merasa ‘memiliki’ batik karena keindahannya. Karena itulah batik tak akan kehilangan peminat. Jutaan motif yang tersedia di pasar berbeda-beda sehingga prospek penjualan batik tidak akan pernah surut peminatnya selalu ada. Peruntukkannya kini cukup variatif tak hanya terbatas sebagai pelengkap busana atau hiasan blangkon saja. Batik kini menghiasi selendang, dasi, sandal, tas hingga perabotan rumah tangga yang kini bisa ditemui dengan nuansa batik. Bahkan dengan sentuhan desainer, batik kini bisa dimodifikasi dalam berbagai bentuk busana sehingga dapat menggugah selera pasar. Banyak sekali trend baju kontemporer yang mulai berkiblat dan memanfaatkan seni batik. Tak hanya di Indonesia tetapi di banyak negara maju seperti Jepang. Karena itu batik bisa menjadi komoditas unggulan untuk mendorong ekonomi rakyat mengingat industri ini masih mengandalkan para pengrajin dan usaha kecil menengah. Berdasarkan fakta tersebut diatas, maka saya dapat menarik kesimpulan bahwa batik, dapat dikategorikan kedalam perusahaan yang maju dan berkembang secara global.

    2. PT Indofood sebagai perusahaan makanan nasional berharap dapat memainkan peran global, sehingga Indonesia bukan hanya sebagai objek pasar saja, tapi juga sebagai pemain yang handal dalam tren global.
    Rencana strategis pemasaran global PT Indofood untuk pasar Amerika dan Jepang :
    a) Segmentasi
    Indofood mensegmentasikan keseluruh kalangan baik anak-anak sampai orang dewasa dan menawarkan macam-macam rasa yang sesuai dengan wilayah yang mempunyai kekhasan dalam rasa. Karena dalam setiap Negara mempunyai selera bermacam-macam.
    b) Targeting
    Indofood memusatkan diri pada pembuatan produk makanan yang akan dijual kepada berbagai segmen pasar, dari mulai mie, makanan ringan, makanan bayi, dll.
    c) Positioning
    Indofood menciptakan produk makanan yang benar-benar bermutu tinggi di atas kualitas kompetitor-nya, mulai dari bahan baku pilihan, resep yang teruji, penguasaan teknologi, kehandalan SDM, sampai ketangguhan infrastruktur. Dan pembentukan posisi Indofood ini dapat berjalan langgeng karena Indofood mampu menjaga “janji/komitmennya” untuk selalu men-deliver produk makanan bermutu.

  13. 2). Medion. Was established on 1978 in Bandung, Indonesia. By Jonas Jahja. The company business is producing and marketing pharmaceutical products, vitamins, vaccines, and poultry equipment, also known in the local market as the best vaccine producer and have expanded throughout Asia and Africa.
    The company has implemented the GMP (Good Manufacturing Practice) through out the manufacturing processes to ensure the quality and safety of its products. With a determination to provide the best service, the company continuously innovate and keep up with the most leading technology. Company’s infrastructure facility was built conforming to location and industrial building requirements and was equipped with modern technology machinery.

    Segmentations: veterinary communities

    Target: Livestock’s farmers

    Positioning: Producing and marketing pharmaceutical products, vitamins, vaccines, and poultry equipment, in order to meet the needs of livestock farmers by providing a complete and quality livestock production support products with excellent services and knowledge enhancement that will improve their businesses.

    Marketing Mix’s

    Product: High quality and safety pharmaceutical products, vitamins, vaccines, and poultry equipment through all production processes which conform to GMP (Good Manufacturing Practice) and the quality control processes conform to the local and international standards, such as Indonesian Pharmacopeias, United States Pharmacopeias, British Pharmacopeias, and European Pharmacopeias.

    Price: Competitive price conformed by the quality.

    Place: located to vicinity of the farmers as the representatives. Medion located their representatives commonly at the tropical country in Asia and Africa like Indonesia’s, for the effectiveness of the products.

    Promotion: Besides the products promotion by printed media and banner, placed to vicinity of the farmers location, Medion also do direct selling by their sales representatives force to the farmers, to elaborate their products benefits and fungsionalities.

    There is no significant product’s differentiation for each markets country besides Indonesia as the home country, but Medion’s representatives for each country will help the costumers for the appropriate application and regulation for product use by country. In each country, this being attempted through seminary and sales force representatives training.

  14. 1. Perusahaan Indonesia yang sukses menguasai pasar dunia diantaranya:
     PT Agarindo Bogatama pemilik merek swallow, produsen tepung agar-agar terbesar kedua di dunia.
     PT Great Giant Pineapple (GGP) perusahaan perkebunan dan pemrosesan buah nanas, memiliki pangsa pasar terbesar ketiga di dunia.
     PT Sorini Corporation, memproduksi sorbitol, bahan kimia sebagai bahan baku utama pasta gigi, obat dan kosmetik. Merupakan pemain sorbitol terbesar kedua di dunia.
     Grup Musim Mas (PT Intibenua Perkasatama dan PT Musim Mas) bergerak di pasar crude palm oil (CPO), memiliki nilai pasar global sekitar Rp 8 triliun.
     Grup Wilmar bergerak dalam bisnis di semua jenis minyak nabati olahan, merupakan tiga besar bisnis minyak nabati dunia.
     PT Polychem Indonesia Tbk, memproduksi bahan kimia etilena glikol, monoetilena glikol, ethoxylate dan polyester, termasuk perusahaan jajaran dunia.
     PT Apac Inti Corpora yang dikenal sebagai pemain kuat untuk jenis kain jins (denim fabric). mengekspor produknya ke 70 negara di lima benua, masuk kedalam the big five di segmen kain denim dunia.
     Grup YKK, dimana YKK Jepang melakukan Joint Venture dengan pengusaha lokal sehingga terbentuklah entitas bisnis : PT YKK Zipper Indonesia, PT Adityawarman, PT YKK Zipco Indonesia dan PT YKK Fasco Indonesia. Dimana YKK mengontrol 80% bisnis relsleting dunia.
     PT Timah Tbk., merupakan eksportir timah nomor satu di dunia.
     PT International Nickel Indonesia Tbk. (Inco), produsen nikel terbesar dunia.
     PT Prima Alloy Steel Universal, eksportir velg mobil segmen after-market dan masuk the big ten dunia.
     PT Satnusa Persada memproduksi komponen elektronik dari yang sederhana hingga yang rumit dan butuh presisi tinggi, masuk dalam 10 besar di industrinya di dunia.
     Grup Ceres dengan merek produk merek Silverqueen dan Delfi, mendominasi bisnis cokelat olahan dunia, menjadi pemain terbesar ketiga. Selain itu Ceres menguasai pula bisnis chocolate ingredient dunia.
     PT Ecogreen Oleochemical, produsen natural fatty alcohol terbesar di dunia.
    Selain nama-nama yang telah disebutkan masih banyak perusahaan yang berkelas dunia lainnya. Secara umum perusahaan Indonesia yang go global tersebut bergerak dalam bidang komoditas bukan pada produk populer dan sebagian besar memasuki pasar global dengan eksport.

  15. 1.Perusahaan global adalah perusahaaan yang beroperasi di lebih dari satu negara dan meraih keunggulan litbang, produksi, logistik, pemasaran dan finansial dalam pembiayaan dan reputasi. Perusahaan global merencanakan, beroperasi, dan mengoordinsikan, aktivitas mereka dengan skala dunia dengan kata lain memberlakukan dunia sebagai satu pasar (terdapat satu segmen pasar yang substansial memiliki kebutuhan yang sama,). Di Indonesia terdapat beberapa perusahaan nasional yang termasuk dalam perusahaan Global, diantaranya Teh Sosro, PT Djarum, PT Telkom, dll. PT. Telekomunikasi Indonesia melalui anak perusahaannya yaitu PT. Telekomunikasi Indonesia International (Telkom International), bergerak dalam bidang bisnis luar negeri dan diarahkan untuk memberikan nilai bagi para pelanggannya dengan satu segmen pasar yang substansial memiliki kebutuhan yang sama yaitu layanan telekomunikasi.
    Cara yang dilakukan perusahaan ini untuk memasuki pasar global adalah melalui usaha patungan. Telkom International mengoperasikan perusahaan investasi luar negeri dan mendirikan anak persahaan baru atau kerjasama operasi dengan layanan operator global di luar negeri. Telkom International siap melakukan kerjasama dengan operator internasional lainnya untuk membuat infrastruktur telekomunikasi internasional, sebagai perwakilan Telkom di AAG Consortium. Dengan pengoperasian utama di Indonesia dan Singapura, perusahaan menyediakan portfolio layanan komprehensif yang mencakup layanan voice, data dan internet. Dan mengarah kepada persaingan global telekomunikasi, inovasi serta terobosan. Telkom International mewakili Telkom di AAG (Asia America Gateway) Cable Network Consortium yang mengembangkan bisnis network internasional dengan menyediakan koneksi langsung dari Indonesia ke lebih dari 100 negara serta second-to-third country connectivity. Telkom International juga sedang melakukan kerjasama kemitraan strategis dengan Timor Telekom – Timor Leste, BAUD Telecom Company – Saudi Arabia, CLEARHUB – Singapura dan SCICOM – Malaysia.
    2. Rencana Srategi Pemasaran untuk Perusahaan Global.
    Strategi masuk ke pasar global dan berekspansi harus dimulai dari analisis segmentasi, target, dan posisi, serta strategi bauran pemasaran. Contohnya pada Mc Donald. Produk Intinya adalah burger dan kentang.Mc Donald berasal dari Amerika Serikat. Berdiri di tahun 1940 di San Bernardino, California, franchise fast food Mc Donald’s hingga saat ini telah memiliki lebih dari 31000 outlet yang tersebar di 119 negara.Dalam ulasan ini akan dibandingkan dengan negara Indonesia dan Singapura
    1. Segmentasi Global, yaitu proses membagi pasar dunia ke dalam subset pelanggan yang mempunyai persamaan perilaku atau persamaan kebutuhanDi Amerika Serikat, segmetasi Mc Donald di negara asal berdasarkan geografis, demografi dan psikografis. Perusahaan menjaring negara – negara yang berpotensi mempunyai kesamaan terhadap menyukai burger. Di Indonesia, Segmentasi Mc Donald berdasarkan geografis, psikografik, demografi serta melakukan screening negara tujuan yaitu berdasarkan basis sosioekonomi mereka, baru kemudian melihat kebiasaan masyarakat setempat (termasuk diantaranya kebiasaan makanan orang Indonesia serta gaya hidup warga negara tujuanMc Donald pertama-tama masih mengandalkan burger dan kentang sebagai menu utama ang menjadi ciri khasnya sebagai restoran siap saji. Dapat dikatakan bahwa konsumen Mc Donald pada saat itu hanya terbatas pada kalangan tertentu saja. Dalam artian kalangan tersebut adalah mereka yang menyukai/terbiasa menyantap burger dan kentang sebagai makanan sehari-hari. Menyadari bahwa segmen pasarnya terbatas, Mc Donald akhirnya memutuskan untuk melakukan inovasi atas produk yang sesuai dengan need customery. Adapun di Singapura segmentasi berdasarkan Psikografik , demografi serta screening negara tujuan. Dalam hal ini Mc Donald sangat memperhatikan keinginan dan selera dari orang-orang di Singapura

    2. Targeting
    Targeting merupakan suatu kegiatan dalam mengevaluasi dan membandingkan kelompok yg sudah teridentifikasi utk kemudian dipilih satu atau beberapa yang memiliki potensi tertinggi. Di Amerika targeting Mc Donald adalah Negara–negara yang potensial, kelompok orang yang sangat sibuk, -memerlukan manfaat kecepatan kelompok orang yang tidak mempunyai waktu memasak (sangat sibuk). Adapun di Indonesia target pasarnya adalah di kota-kota yang strategis dengan kelas sosial (menengah -atas),serts orang yang menyukai makanan cepat saji dengan style tinggi (lebih mementing image brand ). Adapun di Singapura target sasrannya adalah kelompok yang sangat sibuk serta mementingkan kecepatan dan rasa dengan kelas sosial (menengah -atas)
    3. Positioning
    Positioning adalah upaya membangun kesan di benak konsumen bahwa perusahaan kita layak dipercaya dan kompeten. Di Amerika Mc Donald sebagai perusahaan yang dikenal sebagai perusahaan yang restoran cepat saji yang paling berpengalaman , paling cepat melayani dan terbaik di
    seluruh dunia). Di Indonesia positioning Mc Donald sebagai restoran dengan restoran cepat saji yang paling berpengalaman, paling cepat melayani dan terbaik seluruh dunia). McDonald’s menjadi terbaik dalam artian : restoran cepat saji serta makanan dengan standarisasi serta penjagaan kualitas. Sama halnya seperti di Amerika, di Singapura positioning Mc Donald adalah sebagai perusahaan yang dikenal sebagai perusahaan yang restoran cepat saji yang paling berpengalaman, paling cepat melayani dan terbaik di seluruh dunia).

    4. Produk
    Di Singapura, Produk utama Mc Donald adalah burger dan kentang.`Adapun di Indonesia kesuksesan yang dimiliki franchise Mc Donald’s Indonesia adalah berkat standarisasi serta penjagaan kualitas yang ketat serta adaptasi produk di negara di mana franchise Mc. Donald’s berada. Inovasi produknya selain modifikasi burger adalah berupa tersedianya ayam goreng (fried chicken) sebagai salah satu menu utama di restoran tersebut, yang kemudian diikuti dengan kehadiran nasi. Keduanya dipilih dengan alasan bahwa orang Indonesia menyukai ayam goreng tepung sebagai salah satu makanan yang cukup lama dikenal oleh masyarakat selama bertahun-tahun. Sedangkan nasi dipilih karena merupakan makanan pokok orang Indonesia. Dengan langkah tersebut, Mc Donald justru meraih pasar yang selama ini dikuasai pesaingnya, karena ketepatannya membaca situasi pasar dan mengetahui apa yang menjadi keinginan paling utama dari customernya. Begitu halnya di Singapura, dengan kebiasaan pelanggannya yang sangat menyukai kepiting dan makanan berbumbu maka produk yang ditawarkan Mc Donald di Singapuraselain Burger, dan kentang, juga Mc Paper burger, Kepiting Lada Hitam dengan makanan khas berbumbu
    5. Promosi
    Secara umum, program promosi dari market wide (Amerika Serikat) adalah promosi advertising melalui above the line, yaitu iklan TV. Strategi promosi yang dilakukan meliputi : a) Promosi Public Relation, yaitu melalui hospitality dengan memberikan pelayanan yang lebih kepada pelanggan melalui magic moment. b) Advertising, yaitu melalui above the line : kerja sama dengan stasiun radio lokal untuk menginformasikan event-event yang diadakan oleh mcdonald’s. Sedangkan melalui below the line : spanduk, poster, brosur, standing banner, hanging mobile, translite, back drop. c. Show Case, yaitu berupa merchandise mcdonald’s. Di Indonesia, promosi dilakukan melalui elemen promosi seperti TV-ad, iklan radio, dan iklan outdoor dengan bahasa lokal negara yaitu bahasa Indonesia . Tidak berbeda dengan di Indonesia , di Singangapura promosi dilakukan melalui iklan di TV, iklan outdoor dengan menggunakan bahasa lokal negara ini
    6. Price
    Di Amerika, strategi harga dilakukan tidak membeda—bedakan segmen. Namun di Indonesia dimana penentuan harga ditetapkan dengan market price yang ditentukan oleh head office Jakarta sesuai dengan daya beli konsumen. Tier adalah penetapan harga sesuai dengan kemampuan daya beli konsumen di lingkungan tersebut. (penetapan harga yang penetapannya ditentukan oleh lingkungan di mana restoran mcdonald’s berada). Sama halnya dengan di Indonesia, karena terdapat beberapa pesaing dengan distribusi pendapatan yang tidak sama maka strategi harga yang dilakukan adalah strategi harga dengan membeda-bedakan segmen sehingga terjangkau untuk seluruh pelanggan

    7. Place
    Saat ini McDonald’s Corporation bersama dengan franchise dan cabang- cabangnya telah berjumlah lebih dari 14.000 restoran. McDonald’s melayani
    lebih dari 22juta orang setiap harinya atau sekitar 14.000 tamu setiap menitnya. Di Amerika Mc Donald berLokasi strategis yaitu tempat keramaian atau daerah perkantoran/ bisnis. Selanjutnya di Indonesia Indonesia Mc Donald telah melebih dari 100 outlet yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Adapun di Singapura Mc Donald berada di Lokasi strategis (tempat keramaian / baik tempat perbelanjaan maupun lokasi bisnis)

  16. 2. KFC adalah suatu merek dagang waralaba dari Yum! Brands, Inc.,
    Home country: Louisville, Kentucky, Amerika Serikat
    Host country : Inggris dan Indonesia
    STRATEGI PEMASARAN GLOBAL
    A. KFC di Inggris
    Segmenting: keluarga segala usia
    Targeting : keluarga
    Positioning: Finger Lickin’ good (KFC memposisikan produknya sebagai produk fastfood yang mengedepankan produk/makanan berkualitas dengan cita rasa tinggi)
    Produk: Disamping produk original dari KFC seperti ayam goreng, burger, KFC di Inggris menawarkan beberapa produk makanan yang biasa di konsumsi oleh pelanggan di Inggris. Seperti: corn, salad, barbeque nut, dll. Beberapa outlet KFC menawarkan menu dengan jaminan Halal.
    Price: paket makanan yang ditawarkan lebih pada paket-paket besar, sehingga harga yang ditawarkan KFC lebih pada harga yang lebih tinggi.
    Place : KFC memilih tempat yang memberikan kenyamanan yang optimal bagi konsumennya dan juga untuk memenuhi kebutuhan komunitas lokal.
    Promotion : KFC Inggris lebih menekankan pada CSR dengan mengeluarkan program charity.

    B. KFC di Indonesia
    Segmenting: keluarga segala usia
    Targeting : remaja
    Positioning: ‘ehm..pasti KFC’ (KFC memposisikan produknya sebagai produk dengan cita rasa yang khas sehingga konsumen dapat dengan mudah mengenali produk yang ditawarkan KFC)
    Produk : sertifikat halal menjadi satu keharusan bagi setiap outlet. Sebagai makanan pokok masyarakat Indonesia, nasi dijadikan pendamping ayam goreng KFC. Terdapat burger dengan menu ikan. KFC juga memenuhi selera lokal dengan menu pilihan lain seperti Perkedel, Nasi, dan Sup KFC.
    Price : paket makanan yang ditawarkan lebih pada paket-paket kecil, sehingga harga yang ditawarkan KFC lebih pada harga yang lebih rendah.
    Place : KFC memilih pusat-pusat keramaian sebagai pilihan untuk menempatkan outletnya. Sesuai dengan target pasar yang dituju KFC mendisain outlet KFC bertemakan remaja, pada salah satu outletnya KFC mendisain outlet tersebut dengan konsep Café dilengkapi dengan stage music.
    Promotion : sesuai dengan target KFC yaitu pada pasar remaja, seluruh kegiatan difokuskan untuk menarik perhatian konsumen remaja, berdasarkan hal tersebut maka dipilih music sebagai alat untuk mendekatkan KFC dengan konsumen remaja, sehingga didirikan PT Music Factory sebagai perusahaan rekaman yang mengakomodasi kreatifitas remaja, dan event event yang dilaksanakan di beberapa sekolah setiap minggunya.

  17. 1. Indonesia memiliki perusahaan yag berskala global. Salah satu contohnya di bisnis pertambangan. Sesungguhnya posisi Indonesia
    sedemikian strategis dan bisa mengendalikan pasar dunia. Contohnya di pasar timah. Saat ini sekitar 80% produksi timah (tin) dunia dikuasai tiga negara: Indonesia, Cina dan Peru. Pangsa pasar Cina dan Indonesia cukup berimbang, sekitar 40% pasar dunia, sementara Peru sekitar 15%. Di bisnis timah ini Indonesia punya pemain nomor satu dunia, yakni PT Timah Tbk., yang setahun memproduksi 60 ribu ton. Hingga kuartal III BUMN ini mencatatkan penjualan bersih Rp 6,58 triliun. Perusahaan lain yang bergerak di bidang yang sama yaitu PT Kobatin yang merupakan kerjasama antara pengusaha lokal dengan Malaysia dan mampu memproduksi 25 ribu ton/tahun.

    2. Simple marketing plan strategy of Wal-mart
    Segmenting: all people
    Targeting: konsumen yang tertarik harga rendah.
    Positioning : everyday low price
    4 P’s :
    Product : Semua kebutuhan konsumen mulai dari kebutuhan primer sampai tersier. Barang dagangan/produk yang ditawarkan oleh Wal-Mart memiliki berbagai variasi/jenis dan juga terlengkap di bandingkan dengan beberapa ritel yang ada baik di Amerika Serikat itu sendiri. Selain itu Wal-Mart menyediakan barang-barang baru

    Promotions : Word of Mouths, melaui media televisi, radio, point of purchase, contes, kupon, event, publicity, situs we.

    Place : akses ke Wal-mart mudah untuk dijangkau serta memiliki area parkir yang luas untuk mengakomodasi kendaraan pelanggannya.

    Price : Strategi Bauran Pemasaran Eceran yang diterapkan oleh Wal-Mart yang terkenal diseluruh dunia adalah berkaitan dengan Penetapan harga rendah tiap hari (everyday low pricing-EDLP) yang menekankan kontinuitas harga ritel pada level antara harga non-obral regular dan harga obral diskon besar pesaing ritel (tidak selalu berarti termurah). Kemudian Memodifkasi Slogan dari ”Always the lowest price” menjadi “Always low Prices” atau harga rendah tiap hari.

  18. 1. Ada, MedcoEnergi, adalah perusahaan Indonesia pertama dalam eksplorasi gas & oil. Medco berubah dari perusahaan local menjadi perusaahaan energy yang beroperasi, dengan fokusnya oil, gas dan generator dan bahan bakar yang dapat diperbarui (lihat, http://www.medcoenergi.com). Ada 3 tempat dari Medco bereksplorasi, Oman, Libya dan Mexico, ini menunjukan bahwa perusahaan ini telah berada pada perusahaan global. Medco juga melayani beberapa dari tingkat corporatenya adalah yaitu mayoritas perusahaan minyak internasional, seperti vico, unocal, stateoil, total dan pertamina. Jadi intinya Medco memasuki kawasan global dengan cara bereksplorasi dan akuisisi, mengembangkan aliansi dengan operator internasional dan dengan hati-hati masuk ke sector power, Geothermal, infrastruktur dan sektor energy yang panjang.Untuk memasuki pasar baru atau pasar global maka Medco berusaha keras dengan cara menjaga hubungan dengan peraturan standar pemerintah negara tsb,dalam menujukkan kefektifan operasional dan produktivitas.

    2. Company : PT.Sanggar Budaya Indonesia
    Bisnis inti: Handycraft daerah dan Souvenir daerah negara asal
    Home country/ Host country : Indonesia(yogya dan Jakarta/ middle east & eropa
    • Segmentation:perilaku pasar senang mengoleksi(kolektor) dan banyak membeli souvenir dimana mereka kalau berlibur di setiap daerah atau negara pasti bawa oleh-oleh, negara yang dikunjunginya. Untuk di eropa sendiri, psikologi seseorang untuk membeli barang yang unik untuk dipajang di rumahnya. Demografinya,di negara lain belom tentu ada bahan mentah kerajinan yang ada di negara tersebut, seperti kayu ulin di Kalimantan atau kain tenun di dayak.
    • Targeting:desainer eropa, kolektor eropa, para pencinta kebudayaan,orang arab relative suka membeli barang yang berbudaya di Indonesia.
    • Positioning:Pikiran di mata pasar atau kepercayaan produk pada pelanggan. Produk handycraft dan souvenir yang dapat dipajang di sekitar rumah
    • Produk:tas tenun dari Kalimantan, sarung sutra dari samarinda, gelang akar bahar dari Bangka dll.
    • Price :untuk global market ( $5-$50), Indonesia ( 15-3jt). Intinya, harga ditentukan pada biaya distribusinya
    • Place :global, bisa memakai jalur maya (situs global) atau beraliansi dengan barang desain ternama.
    • Promosi:bisa dilakukan dengan penyertaan dengan promosi negara wisata (Jogja-souvenir candi Borobudur)
    Untuk pemasaran local area bisa melalui gallery dan pegelaran stand wisata, untuk di marketing global bisa melalui dari komunitas pencita koleksi barang unik,berasosiasi dengan e-bay dan amazon.com sebagai tambahan.

  19. 2. sori bu , salah jawaban.saya mengartikan bahasa inggris ibu, tak kira suruh buat bisnis.maaf sekali lagi….,
    Nih yang benar…., yaitu
    Company : Apple Comp.
    Home country/host country : California, USA/ Indonesia, India
    • Segmentation : Segmennya yaitu sesuai dengan visi dan misi apple, para pengguna PC dan notebook yang menyenangi desain seni yang indah. Prilaku sesseorang pun bisa saya ulas disini adalah tentang perilaku dimana pembeli membeli dikarenakan difereensiasi. Segmen nya dibagi menjadi :
    o Segmen user edukatif
    o Segmen pecinta desain inovatif
    o Segmen entertainment
    o Segmen agen penjualan besar
    o Segmen industry perkantoran ( percetakan &grafis)
    • Targeting : ada 4 kriteria dasar :
    o Ukaran pasar : kemampuan pasar untuk membeli serta knowledge pasar tentang produk itu.jadi bisa dibilang produk kwoeledge pada produk itu juga harus jelas. Targetnya adalah education user dan lifestyle user dan entertainment user (DJ atau Operator konser dan Musik)
    o Pertumbuhan : Dengan banyaknya pertumbuhan, maka penjualan bisa ditingkatkancontoh, Indonesia dan cina merupakan pertumbuhan yang sangat besar maka apple bisa mencari market share yang tinggi
    o Kompetitif: nah…ini sesuai dengan temanya yaitu Differentiation Competitive Strategy, menegaskan pada inovatif produk dalam kreatif desain, contoh,iPhone membuat aplikasi game lebih ataktif
    o Kecocokan: contohnya ada negara yang senang dengan fenomena software, aplikasi baru dan hardwarebaru serta pendukung produk tersebut. Contoh,iPhone masuk pasar Indonesia dengan menggaet telkomsel.aplikasi iPod sinkron dengan iTunes sehingga pasar menjadi lebih edukasi dan mendpat lagu terbaru dari iTunes.
    • Positioning : PC, Notebook, media music, hardware dan aplikasi editing film. Dekstop publishing- machintos.
    o Cara pandang pasar terhadap produk apple. Pelanggan mengganggap produk ini lebih bersahabat dengan melihat rekam jejak pelayanan yang begitu handal, hampir tidak ada masalah. Dan pasar melihat ini produk ini lebih kreatif disbanding dengan lainya.
    • Marketing Mix Strategy :
    o Price : Disini saya melihat harganya pada level premium disbanding pesaing lainya, dell,compact, hp, acer, dan lain-lain
    o Place : lokasi berada di agen khusus yang bernama iStore, ini adalah khusus yang mendistribusikan barang dari apple comp. istore ini langsung /vertical melalui apple. Lokasi lainnya banyak melalui dunia maya seperti Applemuseum.com. tidak sedikit pula para pedagang besar/agen tunggal membeli barang dari apple comp, yang biasa kita sebut wholesaler.
    o Produk :
     Hardware – Mac(personal computer series),Apple Remote Desktop
     Software – Mac OS X, Mac OS X Server ,Quick Time, i Life, i Work, Logic pro, Cinema Display etc.
     Consumer Electronics – i pod, i pod hi-fi, i phone, Apple TV
     Pixar –studio movie

    o Promotion :
     Melalui media elektronik seperti situs resmi apple dan situs khusus iklan. Promosinya juga bisa WOM –word of mouth seperti dengan adanya komunitas mac yang telah memberikan kontribusi kepada perusahaan apple ini,merekalah orang-orang yang loyal terhada produk ini.
     Melalui media cetak : menggunakan catalog langsung dari wholesaler dan iStorenya itu sendiri. Majalah computer juga mendukung kepada keberhasilan dari pemasaran produk tersebut, bisa melihat apa yang menjadi kekuatan dari produk apple tersebut.
     Menekankan pada keunikan produknya.
    Dalam pemasaran negara asalnya apple membangun networking yaitu mendistribusikan sekitar 183( 1st in Manhattan, New York), dan menggaet para deisaner dan professional untuk memakainya seperti Pixar studio menggunakan teknologi dari applikasi apple. Untuk pemasaran di Indonesia dan di india harus melihat gaya hidup dan kemampuan financial mereka, apakah mereka membeli hanya untuk gaya atau memang mereka membeli karena kebutuhan aplikasi dari apple itu sendiri. Iklan dalam iphone bisa kita lihat, bagaimana iPhone menggaet facebook pada aplikasi dan telkomsel pada corporate operator.
    Terima kasih bu …sori telat..karena kemaren malam tepatnya jam 20.00 saya menonton film Transformer lebih awal, jadi saya baru sempat sekarang.saya telah membeli tiket tersebut 2 hari yang lalu…mohon pengertiannya…
    Sekali lagi beribu ribu permintaan maaf dari saya…wass…wr.wb


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: