Oleh: m2b2008 | 5 Juni 2009

Global Logistics & Distribution

by: Nur Winda & Ihwan Setiadi

Industri bahan bakar merupakan salah satu Industri yang paling menarik, karena di Indonesia sendiri perusahaan asing seperti Shell, Petronas, Gulf Oil harus bersaing ketat dengan BMUN PT Pertamina mengenai pendistribusian bahan bakar. Apabila Shell melakukan positioning dengan menetapkan harga premium yang lebih mahal dari produk sejenis, PT Pertamina bertahan di harga yang relatif lebih rendah, terutama karena PT Pertamina merupakan BUMN yang memiliki hak pendistribusian bahan bakar minyak berubsidi.


Shell yang mendistribusikan bahan bakar berkualitas tinggi harus sukup puas dengan pangsa pasar 7% di Indonesia, namun semenjak hadir di Indonesia pada tahun 1997, Shell telah berkembang sangat pesat. Shell bukan hanya hadir sebagai produsen pelumas, namun juga mulai berkonsentrasi dalam membuka SPBU. Meski harga Shell relatif lebih mahal, namun BBM Shell adalah BBM dengan kualitas yang tinggi, ditambah lagi pelayanan Shell yang baik.
Saat ini Shell masih berkonsentrasi pada pasar Jabotabek dan kota-kota besar di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sumatera. Shell menilai bahwa pasar daerah-daerah tersebutlah yang paling potensial. Saluran dan jaringan pemasaran Shell lebih dikonsentrasikan pada kerja sama dengan frienchise workshop seperti Auto 2000, karena Shell menilai gerai-gerai seperti itu sesuai dengan target market-nya, dan lebih mudah dikontrol.

Download


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: