Oleh: m2b2008 | 24 Juni 2009

Political – Legal Environment

Ekonomi dunia telah mengalami perubahan besar sejak perang dunia II. Mungkin perubahan yang paling besar dan mendasar adalah munculnya pasar global dalam merespon peluang baru, bersamaan dengan itu integrasi ekonomi dunia meningkat secara signifikan.integrasi ekonomu meningkat 10 persen di awal abad 20 menjadi kira-kira 50 persen.
Kegiatan pemasaran global dilaksanakan dalam lingkungan yang selalu berubah oleh bauran ekonomi, budaya, politik, dan tekanan social. Dalam meletakkan perspektif global kita harus menjawab satu hal: Bahkan dalam transaksi komersial yang mana semua pihak termasuk dalam masyarakat konteks rendah-sebagai contoh, Amerika Serikat-dan persyaratan perjaniian dituangkan dalam bentuk “hitam dan putih”, pemahaman yang berbeda atas masing-masing kewajiban setiap pihak seringkali terjadi.
Adanya perbedaan tujuan ekonomi politik serta perbedaan system nilai merupakan alasan pokok bagi terjadinya proteksionisme.Tindakan pemerintah atas nama kedaulatan terjadi dalam konteks dua kriteria yang penting; tahap perkembangan suatu negara serta system politik dan ekonomi yang diterapkan di negara tersebut.
Enron Corporation adalah sebuah perusahaan energi Amerika yang berbasis di Houston, Texas, Amerika Serikat. Sebelum bangkrutnya pada akhir 2001, Enron mempekerjakan sekitar 21.000 orang pegawai dan merupakan salah satu perusahaan terkemuka di dunia dalam bidang listrik, gas alam, bubur kertas dan kertas, dan komunikasi. Enron mengaku penghasilannya pada tahun 2000 berjumlah $101 milyar. Fortune menamakan Enron “Perusahaan Amerika yang Paling Inovatif” selama enam tahun berturut-turut.
Enron merupakan satu dari sederet kejahatan kerah putih melalui rekayasa pembukuan. Kasus tersebut tampaknya tidak semata-mata menyangkut soal manajemen keuangan perusahaan saja., tetapi lebih dari itu menyangkut aspek lain yang berkaitan dengan politik uang (money politics) dalam kegiatan bisnis dan jalannya pemerintahan. Bangkrutnya Enron merupakan skandal keuangan yang berakar pada politik. Di luar jalur resmi dan formal, koneksi dan pintu belakang menjadi akses politik yang kuat.
Enron sebagai perusahaan multinasional telah melanggar norma-norma bisnis yang telah berlaku khususnya di Amerika Serikat dan Umumnya di dunia global, yaitu dengan melakukan penipuan akuntansi yang sistematis, terlembaga, dan direncanakan secara kreatif. Hal ini berimbas pada keberlangsugan Enron Corporation sebagai perusahaan global dan terbesar ke 5 di Amerika serikat. Pelanggaran norma-norma bisnis yang dilakukan Enron Corporation membawa dampak negatif juga kedalam perkembangan Enron Corporation selanjutnya.

download teori
download kasus


Responses

  1. tes tes tes

    • apaan seh?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: