Concept & Cases

5. Political & Legal Environment
oleh Lisnawati & Nira Mailani
Ekonomi dunia telah mengalami perubahan besar sejak perang dunia II. Mungkin perubahan yang paling besar dan mendasar adalah munculnya pasar global dalam merespon peluang baru, bersamaan dengan itu integrasi ekonomi dunia meningkat secara signifikan.integrasi ekonomu meningkat 10 persen di awal abad 20 menjadi kira-kira 50 persen.
Kegiatan pemasaran global dilaksanakan dalam lingkungan yang selalu berubah oleh bauran ekonomi, budaya, politik, dan
more

7. Global Segmentation & Positioning
by : Galih Kusumah & Arciana Damayanti

Mayoritas aktivitas bisnis sekarang ini berada dalam ruang lingkup pengaruh global. Teknologi, riset, investasi modal, produksi, pemasaran, distribusi, dan jaringan komunikasi memiliki dimensi-dimensi global didalamnya. Setiap bisnis harus siap untuk bersaing dalam ekonomi global dan lingkungan fisik yang semakin saling ketergantungan, dan semua pelaku bisnis harus sadar akan pengaruh tren-tren tersebut ketika mengelola sebuah perusahaan ekspor domestik atau sebuah konglomerat multinasional. Karena dihadapkan pada semakin meningkatnya kompetisi global terhadap perluasan pasar, perusahaan multinasional mulai mengganti strategi pemasaran dan mengubah struktur organisasi mereka. Tujuan mereka adalah meningkatkan daya saing dan menjamin pengambilan posisi yang tepat dalam usaha memanfaatkan semaksimal mungkin kesempatan di pasar global.

more

9. Global Market Entry Strategy
by : Dian Daffid & Nia Widyanti

Pada tahun 1970-an, ekonomi Jepang mulai berkembang dengan pesat. Perusahaan-perusahaan Jepang, khusunya dalam bidang idustri ekonomi, melihat kawasan Asia Tenggara sebagai pangsa pasar untuk menyebarkan produk-produknya. Meskipun demikian, Indonesia menerapkan kebijakan subtitusi impor untuk melindungi basis industrinya yang masih muda. Perusahaan-perusahaan asing yang ingin masuk ke pasar Indonesia harus menempatkan partner lokal yang merancang operasi perakitan di Indonesia.
Ketika pulang dari tugas di Inggris, Sjamsul Nursalim memikul tanggung jawab dari ayahnya untuk menjalankan bisnis penjualan karet keluarga, pada tahun 1965 di Sumatera. Dia mengerti pentingnya kualitas pada pasar dunia, perusahaan tersebut telah …
more

11. Product Development

by : Arie Indra Gunawan & Uswarudin Uswa

Konsep produk dan merek harus memperlihatkan sesuatu yang dapat ditawarkan produsen untuk diperhatikan, diminta, dicari, dibeli, digunakan, atau dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan pasar. Perhatikan misalnya konsep kotler bahwa segala sesuatu yang bernilai yang dapat ditawarkan ke pasar untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan.

Produk global berbeda dari merek global dalam satu hal penting: Tidak membawa nama dan citra yang sama dari satu negara ke negara lainnya. Namun seperti merek global, produk global dipandu oleh prinsip-prinsip…. more

13. Global Pricing
by : Yudha Trisyah Putra & Deni Koswara

Industri penerbangan nasional dan internasional memasuki era baru yakni persaingan harga. Persaingan yang terjadi pada perang harga ini, sayangnya tidak terlalu diikuti dengan persaingan dalam hal layanan atau servis kepada penumpang, tak terbayangkan jika sekarang harga tiket pesawat sekarang nyaris tidak berbeda jauh dengan tiket Kereta Api jarak dekat.
Perang harga tiket itu terjadi pada hampir seluruh maskapai penerbangan. Dari sebanyak 16 perusahaan angkutan udara berjadwal yang tercatat di Direktorat Jendral Perhubungan Udara, Departemen Perhubungan (Dephub).
Menurut Direktur Utama PT PAS, Soeratman, turunnya tarif mengakibatkan penumpang dari moda angkutan berbeda pindah ke moda transportasi udara yang menyebabkan lonjakan pesat pada jumlah penumpang pesawat. Jika ini terjadi, dalam waktu singkat akan terjadi kejenuhan pasar. Ia mengingatkan, perusahaan jangan langsung menangkap ini sebagai pemakluman untuk menambah pesawat baru. Oleh karena itu, pemerintah dan perusahaan penerbangan …
more

14.  Communicating with the World Consumer

by : Nina Usdayani

Secara umum, setiap perusahaan mengalami berbagai macam perbedaan antar beroperasi dalam pasar domestik (home market) dengan pasar luar negeri atau pasar internasional. Sebagian besar perbedaan tersebut berkaitan dengan faktor ekonomi, budaya, hukum, teknologi dan persaingan. Apabila karakteristik kunci sebuah pasar domestik (seperti legilasi, media dan pesaing) dibandingkan dengan karakteristik pasar internasional diketahui, maka tingkat kompleksitas dan ketidakpastian dapat dievaluasi dengan jelas. Teknologi yang semakin maju memunculkan banyak media baru yang memungkinkan perkembangan komunikasi pemasaran seperti interactive television, Internet, E-commerce, interactive telephone, dan faxing. Hal ini menyebabkan perubahan segmentasi pasar, serta cara berkomunikasi dengan mereka. Jadi komunikasi perusahaan harus dirancang untuk membantu perkembangan perbuatan baik dan memberi informasi yang akurat dan tepat waktu, khususnya situasi krisis.

more

16. Global Logistics & Distribution

by : Nur Winda & Ihwan Setiadi

Industri bahan bakar merupakan salah satu Industri yang paling menarik, karena di Indonesia sendiri perusahaan asing seperti Shell, Petronas, Gulf Oil harus bersaing ketat dengan BMUN PT Pertamina mengenai pendistribusian bahan bakar. Apabila Shell melakukan positioning dengan menetapkan harga premium yang lebih mahal dari produk sejenis, PT Pertamina bertahan di harga yang relatif lebih rendah, terutama karena PT Pertamina merupakan BUMN yang memiliki hak pendistribusian bahan bakar minyak berubsidi….more

17. Export / Import Management
by Langlang Jagad & Fansuri Munawar

Dalam banyak hal, globalisasi mempunyai banyak karakteristik yang sama dengan internasionalisasi sehingga kedua istilah ini sering dipertukarkan. Sebagian pihak sering menggunakan istilah globalisasi yang dikaitkan dengan berkurangnya peran negara atau batas-batas negara. Kata “globalisasi” diambil dari kata global, yang maknanya ialah universal. Globalisasi belum memiliki definisi yang mapan, kecuali sekadar definisi kerja (working definition), sehingga tergantung dari sisi mana orang melihatnya. Ada yang memandangnya sebagai suatu proses sosial, atau proses sejarah, atau proses alamiah yang akan membawa seluruh bangsa dan negara di dunia makin terikat satu sama lain, mewujudkan satu tatanan kehidupan baru atau kesatuan ko-eksistensi dengan menyingkirkan batas-batas geografis, ekonomi dan budaya masyarakat.
30 tahun yang lalu atau lebih, sedikit demi sedikit namun perubahan sudah berlangsung menjadi global sourcing strategy. Pertimbangan penghematan biaya untuk pengadaan internasional di tahun 1970an dan 1980an telah berangsur-angsur digantikan oleh kualitas dan reliabilitas yang berpusat di 1990an. Kebanyakan dari perubahan telah menjadi cara berpikir para eksekutif bisnis tentang ruang lingkup global sourcing untuk perusahaan mereka dan memanfaatkan berbagai peluang yang dihasilkan sebagai sumber manfaat kompetisi. Peter Drucker , sejarawan bisnis dan guru manajemen yang terkenal, sekali ketika berkata bahwa sourching dan logistik akan berbekas ” benua bisnis yang paling gelap “, sedikitnya memanfaatkan area bisnis untuk keuntungan bersaing. Secara alami, banyak perusahaan yang membatasi ruang untuk global sourching dalam kerugiannya yang memanfaatkan tingkatan yang luas pada pangsa pasar pesaing secara global.

more

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: